Jumat, 18 Juni 2010

Minum Teh Dapat Menghilangkan Bau Mulut

Mulut merupakan pintu gerbang tubunh dimasuki berbagai zat melalui makanan dan minuman. Dengan demikian pintu gerbang pula untuk masuknya berbagai bakteri atau kuman-kuman penyakit. Sehingga kesehatan dan kebersihan mulut harus senantiasa dijaga. Banyak cara untuk membersihkan mulut diantaranya dengan berkumur, gosok gigi atau minum penyegar mulut. Ternyata ada cara murah dan mudah untuk menjaga kesehatan mulut, yaitu dengan membiasakan minum teh. Dengan meminum teh disamping menikmati kesegaran teh panas ternyata sekaligus akan dapat membersihkan mulut dari bakteri atau kuman.

Dari penelitian yang dilakukan Dr.Milton Schiffenbauer dan timnya seorang peneliti pada Pace University New York menyimpulkan bahwa ekstrak (larutan) teh dapat membunuh bakteri dan virus yang ada di mulut. Mereka melakukan penelitian dengan cara menyuntikan ekstrak berbagai jenis teh pada jaringan lunak hewan yang terinfeksi virus seperti virus herpes dan virus T1 maupun yang terinfeksi bakteri Escheruchia coli (E. Coli). terbukti bahwa virus dan bakteri tersebut menjadi non aktif hanya dalam waktu beberapa menit.

Laporan penelitian PTPN VIII, PPTK Gambung dan ATI menunujukan bahwa teh dapat berfungsi sebagai penghilang bau (deodoran) yang disebabkan oleh Trimethyl amina, methyl mercaptan dan formaldehyd. Dengan demikian teh terbukti dapat mengurangi atau membunuh bakteri yang ada di mulut.

Bakteri atau kuman di dalam mulut menyebabkan bau busuk mulut kita. Karena bakteri dalam mulut menguraikan sisa-sisa makanan menjadi busuk dan berbau tidak sedap. Dnegan demikian disamping melalui gosok gigi untuk mengilangkan sisa makanan dalam gigi. Juga melalui minum teh, bakteri mulut akan terhambat perkembanganya sehingga terhindar dari bau mult atau napas tidak sedap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar