Selasa, 15 Juni 2010

Sejarah Teh Dandang

Sejarah Teh Dandang

Teh Dandang diproduksi oleh Perusahaan Teh Kartini yang terletak di Pekalongan Jawa Tengah. dan mulai dipasarkan pada tahun 1957. pemasaran pertama kalinya didaerah Wonogiri, kemudian di perluas ke Simo, Kulon Progo dan Kendal Kali Wungu.

Pada tahun 1976 di Wonogiri diadakan proyek pembuatan waduk Gajah Mungkur oleh karena itu pemerintah mentransmigrasikan tiga kecamatan ke Sitiung Sumatera Barat(bedol desa), karena kecintaan orang Wonogiri kepada Teh Dandang maka walaupun belum adanya trans ke Sumatera maka Teh Dandang dikirim melalui pesawat udara rutin sampai sekarang.

Perusahaan Teh Kartini memperluas pemasaran ke Lampung dengan menggunakan Merk Merak Jago, terjadi perluasan usaha hingga tahun 2004 baru diadakan perluasan pemasaran seJawa Tengah dan akan di perluas terus menerus sampai ke seluruh Indonesia.

Pada tahun 2004 karena kesulitan memperoleh bahan baku yang MURNI maka Perusahaan Teh Kartini berekspansi ke perkebunan untuk memenuhi kebutuhan bahan baku. Perusahaan teh kartini mempunyai dua kebun di Bengkulu (2004) dan Padang (2007), dan enam pabrik teh hijau lima daerah Cianjur Selatan (2005) dan satu daerah Ciwidey (2005) yang membeli bahan baku pucuk dari masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar